Gubernur Kalsel Terima Penghargaan Dari Menteri Koordinator Perekonomian RI

Bapak Gubernur Kalimantan Selatan Menerima Penghargaan dari Bapak Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia
Print Friendly

Keberhasilan sektor pertanian, perikanan dan kehutanan tidak terlepas dari dukungan penyelenggaraan penyuluhan secara berkelanjutan. Undang-undang No 16 Tahun 2006 tentang SP3K menempatkan peran besar SDM  yang maju dan sejahtera sebagai pelaku dan sasaran utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Penyuluhan dilaksanakan secara terintergrasi dengan subsistem pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan serta diselenggarakan oleh penyuluh, pelaku utama atau warga masyarakat lainnya melalui programa penyuluhan pada tiap tingkatan administrasi pemerintahan.

Guna membangun SDM  yang maju, unggul dan berkualitas diperlukan Sistem Penyuluhan Pertanian yang produktif, efektif dan efisien di Kalimantan Selatan. Keberadaan Ketenagaan Penyuluhan sangat berimplikasi terhadap pembinaan para pelaku utama pertanian, perikanan dan kehutanan di lapangan.

Sebagai apresiasi Pemerintah Pusat terhadap dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terhadap kegiatan penyuluhan dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyararakat pada hari hari Selasa tanggal tanggal 02 September  2014, Bapak Gubernur Kalimantan Selatan Menerima Penghargaan dari Bapak Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia Pada Rapat Koordinasi Badan Koordinasi Nasional Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan atas kontribusi nyata didalam mengoptimalkan kinerja penyuluhan dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan di Wilayah Kalimantan Selatan.

Bapak Gubernur Kalimantan Selatan Menerima Penghargaan dari Bapak Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia

Bapak Gubernur Kalimantan Selatan Menerima Penghargaan dari Bapak Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia

Pemberian penghargaan tersebut bertempat bertempat di Ballroom Kementrian Kelautan dan Perikanan  Lantai 1 Gedung Mina Bahari III Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 16 Jakarta Pusat.

Pemberian Penghargaan ini didasari pada upaya dan Perhatian Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terhadap Kelembagaan Penyuluhan, Ketenagaan Penyuluhan, Penyelenggaraan Penyuluhan dan Ketersediaan Sarana Prasarana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, tentunya dengan hasil yang diraih ini menjadi kebanggaan bagi para aparat penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan serta para pelaku utama dan pelaku usaha di bidang pertanian, perikanan da kehutanan dalam rangka mewujudkan Ketersediaan Pangan, Keterjangkauan Pangan, Kerawanan dan Keanekaragaman Pangan di Kalimantan Selatan

Turut hadir mendampingi Bapak Menko Perekonomian RI yaitu  Bapak Menteri Pertanian RI, Menteri Kelautan dan Perikanan dan yang mewakili Menteri Kehutanan yaitu Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan serta Para Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kelautan dan Perikanan serta Kehutanan.

Adapun beberapa pointer arahan dari Bapak Menko Perekonomian Selaku Ketua Badan Koordinasi Nasional (Bakornas) Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan yaitu :

a)      Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan penting dalam mewujudkan swasembada sebagai Lumbung Dunia.

b)      Peran dan Fungsi Para Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan penting dalam upaya pendampingan dalam rangka mewujudkan Kesejahteraan Petani.

c)      Para Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Pahlawan Indonesia, Pahlawan Ketahanan Pangan, Pahlawan Ekonomi menjadi Lumbung Pangan Internasional atau Dunia.

d)      Ketua Badan Koordinasi Nasional Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan sangat serius dalam upaya peningkatan Kesejahteraan Petani, Nelayan dan Petani Hutan.

e)      Kesejahteraan Para Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan perlu ditingkatkan.

f)       Para Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan harus mendapat akses informasi terbaru / Cyber Extension, Teknologi dalam upaya meningkatkan produktivitas usaha tani para petani.

g)      Para Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan merupakan ujung tombak Ketahanan Pangan.

h)      Pemerintah Daerah Harus Komitmen dan Mengedepankan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

i)        Kontribusi Penyuluh Penting dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan.

j)        Menko Perekonomian selaku Ketua Bakornas salam Kepada seluruh Para Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan yang merupakan Pahlawan Kemandirian, Ekonomi dan Kesejahteraan.

 

Harapan kedepan, semoga Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan Di Kalimantan Selatan Terus Maju, unggul dan berkualitas dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di daerah.

 

Penulis : Fahrul Zani, S.ST  Staf  SetbakorluhProv Kal.Sel.

You can leave a response, or trackback from your own site.
Budidaya Lele
Penghargaan Nasional
Foto Bersama
Latihan dan Kunjungan
Rakorhut
Kunjungan Kerja Sekretaris Bakorluh Prov Kalsel

Leave a Reply